Jumat, 15 Juni 2012

Balita kecanduan susu

| |

Bayi bisa kecanduan susu? Tentu. Apakah baik untuk pertumbuhan dan kesehatannya? Belum tentu lho bunda. Coba simak artikel berikut ini

Salah satu awal kecanduan susu antara lain orang tua terbiasa menjadikan susu sebagai ‘senjata andalan’ untuk menenangkan anak jika mereka rewel. Bayi dan balita menjadi terbiasa untuk menagih susu jika mereka merasa tidak berada dalam kondisi nyaman mereka. Dan tentu saja menjadi sulit untuk mengontrol seberapa banyak susu yang telah ‘dijejalkan’ pada bayi dan balita anda.

Terlalu banyak asupan susu justru dapat mengundang banyak masalah. Beberapa masalah yang dapat muncul akibat terlalu banyak asupan susu antara lain dapat menyebabkan kegemukan, merusak gigi, kehilangan selera makan dan kekurangan zat2 lain yang terkandung dalam sumber makanan selain susu.

Jika bayi dan balita sudah terbiasa menerima asupan susu yang berlebihan, segeralah memperbaiki kondisi tersebut. Cara-cara yang dapat dicoba adalah sebagai berikut:

Atur Jadwal
Hubungi dokter anak atau ahli tumbuh kembang anak dan Pastikan anda tahu takaran yang dianjurkan. Berangsur-angsur berikan bayi balita anda sesuai takaran yang dianjurkan. Atur jadwal pemberian susu, pada pagi dan malam hari bergantung pada situasi nyaman bagi anak. Usahan jadwal minum susu dalam selang waktu yang cukup dengan waktu makan sehingga tidak mengganggu selera makan anak.

Hindari kebiasaan membujuk anak yang rewel dengan susu
Jika anak rewel cari tahu penyebab kerewelan anak, dan penuhi kebutuhannya. Hindari langsung menenangkannya dengan cara memberi susu.


Konsisten
Komunikasikan aturan baru anda dengan pengasuh anak sehingga aturan menjadi konsisten dan anak tidak bingung. Jika dilakukan terus menerus dan konsisten, anak akan terbiasa dan tidak akan menagih susu setiap kali mereka merasa tidak nyaman. (*mother&baby)

hasil pencarian dari : balita kecanduan susu, akibat kecanduan susu, bayi kecanduan susu, gizi balita, gizi bayi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
DG Fashion © 2011 | All Rights Reserved | About | Privacy Policy | Contact | Sitemap